RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Materi
Pokok : Teks Eksposisi
Pertemuan
ke : 1
Alokasi
waktu : 2x45 menit
A.
Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
- Memahami struktur dan kaidah teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan.
- Menginterpretasi makna teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan.
- Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan .
- Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
- Meringkas teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
- Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
- Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
- Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
- Mengetahui isi teks eksposisi
- Mengetahui tentang karakteristik dan ciri teks eksposisi.
D.
Tujuan
Pembelajaran
- Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
- Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa memiliki dan menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsive, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menyusun teks eksposisi mengenai lingkungan sekitar.
- Setelah membaca contoh kalimat dan pembagiannya dan mendiskusikannya, siswa dapat memahami struktur dan karakteristik teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan.
- Setelah berdiskusi dan berlatih, siswa dapat menyusun teks eksposisi dengan karakteristik kteks eksposisi yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.
E.
Materi Pembelajaran
- Teks eksposisi
- Struktur dan karakteristik teks eksposisi
F.
Alokasi
Waktu
2x45
menit
G.
Metode
Pembelajaran
Metode
diskusi, kelompok, tanya-jawab, presentasi dan penugasan
H.
Media
Pembelajaran
Lembar
kerja dan kertas plano
I. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
(Pertemuan
1)
|
Deskripsi
kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan
Inti
Penutup
|
1.
Melakukan
doa secara bersama(bila pada jam pertama)
2.
Siswa merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Siswa
menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat
dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Mengamati
Guru
memancing siswa dengan memperlihatkan contoh teks eksposisi
agar siswa mengetahui tentang teks eksposisi· Siswa mengamati contoh teks eksposisi yang terdapat pada lembaran yang diberikan. · Siswa diarahkan untuk mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks eksposisi (judul, klasifikasi umum, dan deskripsi)
Menanya
· Siswa
diberi kesempatan untuk mempertanyakan struktur isi teks
eksposisi (judul, klasifikasi umum, dan deskripsi)
yang telah dibaca dan diamati
· Siswa
diarahkan untuk membuat
pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks eksposisi
· Siswa
dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban terkait materi.
Mengeksplorasi
· Siswa
dibagi menjadi enam kelompok. Masing-masing kelompok mengamati dan membaca
teks eksposisi “
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia” dan diarahkan untuk menemukan ciri bahasa teks eksposisi (misalnya
penggklasifikasian ciri, , penggunaan istilah, konjungsi, dan kalimat).
Mengasosiasi
· Siswa
mendiskusikan
dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi
teks eksposisi (judul,
klasifikasi umum, dan deskripsi) dan ciri bahasa teks eksposisi (misalnya penggklasifikasian
ciri,
penggunaan istilah, konjungsi, dan kalimat)
· Siswa
mendiskusikan dan
menyimpulkan makna kata, istilah, dan isi teks eksposisi
dalam diskusi kelas dengan saling menghargai
Mengkomunikasikan
· Dengan
bertanggung jawab dan santun, siswa membacakan hasil diskusi tentang struktur
isi teks eksposisi
· Siswa mempresentasikan makna kata,
istilah, dan isi teks eksposisi dengan rasa percaya diri
· Guru meminta/mengarahkan kelompok lain untuk menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara santun.
· Siswa diminta menyimpulkan tentang
hasil diskusi teks eksposisi
· Siswa
bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
· Siswa
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan dan menuliskan
kesulitan-kesulitan dalam pencapaian kompetensi dasar.
· Siswa
menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
·Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar siswa selalu
belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
J.Penilaian
Hasil Belajar
1.
Teknik
penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur
penilaian:
1.
Penilaian Proses
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Proaktif
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung
Jawab
|
||||
3.
|
Jujur
|
||||
4.
|
Disiplin
|
||||
5.
|
Santun
|
2.
Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Mengidentifikasi
teks eksposisi
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Sebutkanlah struktur dan
karakteristik teks eksposisi secara umum!
|
Mengidentifikasi cirri dan
struktur teks eksposisi “Pertumbuhan Ekonomi Indonesia”
|
Test tertulis
|
Isian
|
2. Identifikasilah teks eksposisi “Pertumbuhan
Ekonomi Indonesia!
|
Memahami teks eksposisi “Pertumbuhan
Ekonomi Indonesia”
|
Test tertulis
|
Isian
|
3. Pahamilah teks
eksposisi“Pertumbuhan Ekonomi Indonesia”, kemudian tuliskan inti dari teks
tersebut!
|
Menjelaskan definisi teks eksposisi
|
Test tertulis
|
Isian
|
4. Jelaskan
definisi teks eksposisi!
|
Pedoman Penskoran:
Soal no. 1
Aspek
|
skor
|
Siswa
menjawab struktur dan karakteristik teks eksposisi
|
|
·
Jawaban
benar
|
2
|
·
Jawaban
kurang benar
|
1
|
Skor Maksimal
|
2
|
Soal no. 2
Aspek
|
skor
|
Siswa
mengidentifikasilah teks eksposisi “Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
|
|
·
Jawaban
benar
|
2
|
·
Jawaban
kurang benar
|
1
|
Skor Maksimal
|
2
|
Soal no. 3
Aspek
|
skor
|
Siswa
menuliskan inti dari teks eksposisi “Pertumbuhan Ekonomi Indonesia”
|
|
Jawaban
benar
|
1
|
Skor maksimal
|
1
|
Soal no. 4
Aspek
|
skor
|
Siswa
menjelaskan definisi teks eksposisi
|
|
Jawaban
benar
|
1
|
Skor Maksimal
|
1
|
K. Sumber Belajar
(isi sesuai daftar pustaka buku yang
jadi referensi)
Lampiran:
Lembar Pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran
:..................................................................................................
Kelas/Semester :....................................................................................................
Tahun Ajaran :....................................................................................................
Waktu Pengamatan : ..................................................................................................
Sikap yang
diintegrasikan dan dikembangkan adalah perilaku religius, jujur, tanggung
jawab, dan santun.
Indikator
perkembangan sikap perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.
1.
BT (belum tampak) jika sama
sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
MT (mulai tampak) jika menunjukkan
sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit
dan belum ajeg/konsisten
3.
MB (mulai berkembang) jika menunjukkan
ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai
ajeg/konsisten
4.
MK (membudaya) jika menunjukkan
adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan
ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √
pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
|
Nama
siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Tanggung
jawab
|
santun
|
||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
|||||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||||
4.
|
|||||||||||||||||
5.
|
|||||||||||||||||
…
|
Contoh teks Eksposisi
Pertumbuhan
Ekonomi Indonesia
Di
tengah kondisi dunia yang sedang krisis, pertumbuhan ekonomi Indonesia mencatat
hasil positif. Pertumbuhan ekonomi triwulan kedua tahun ini mencapai 6,4 persen
dibandingkan dengan periode sama tahun lalu. Konsentrasi pertumbuhan tetap
terpusat di Pulau Jawa dengan angka 57,5 persen.Secara kumulatif, pertumbuhan
ekonomi Indonesia semester I-2012 lebih baik dibandingkan dengan semester
I-2011 yang tumbuh sebesar 6,3 persen. Namun, menurut pengamat ekonomi
Indonesia for Global Justice, Salamuddin Daeng, pertumbuhan ekonomi Indonesia
tergolong anomali. Alasannya karena pertumbuhan ekonomi tidak diikuti peningkatan
kesejahteraan masyarakat.
Ada empat
faktor, kata Daeng, yang membuat pertumbuhan ekonomi anomali. Pertama, ekonomi
Indonesia digerakkan oleh utang luar negeri yang angkanya terus naik. ”Utang
Indonesia terakumulasi mencapai Rp 2.870 triliun. Utang luar negeri bertambah
setiap tahun. Utang selanjutnya menjadi sumber pendapatan utama pemerintah dan
menjadi faktor pendorong pertumbuhan ekonomi,” paparnya. Kedua, pertumbuhan
ekonomi didorong oleh peningkatan konsumsi masyarakat yang bersumber dari naiknya
harga sandang dan pangan, serta ditopang dari pertumbuhan kredit khususnya
kredit konsumsi.Faktor ketiga, pertumbuhan ekonomi didorong ekspor bahan
mentah, seperti bahan tambang, migas, hasil perkebunan dan hutan, sehingga
tidak banyak menciptakan nilai tambah dan lapangan pekerjaan. Terakhir,
pertumbuhan ekonomi didorong oleh investasi luar negeri yang membuat sumber
daya alam kian dikuasai asing. Pengamat ekonomi Universitas Gadjah Mada,
Yogyakarta, A Tony Prasetiantono menyatakan, sektor domestik mendukung
pertumbuhan ekonomi nasional. ”Transmisi krisis global melalui penurunan ekspor
dan defisit neraca perdagangan baru akan terasa pada kuartal ketiga dan keempat
tahun ini. Lagi pula, kontribusi ekspor terhadap PDB tidak besar,” kata Tony.
Hal senada
disampaikan ekonom Mirza Adityaswara. “Sejumlah sektor ekonomi dalam negeri
tumbuh karena didorong oleh suku bunga rendah yang tampak dari tumbuhnya kredit
26-28 persen (tahunan) sekaligus didorong oleh harga bahan bakar minyak (BBM)
yang rendah karena masih disubsidi.Oleh karena hal tersebut, pertumbuhan tinggi
dialami sektor yang berorientasi dalam negeri, seperti perdagangan, manufaktur,
otomotif, transportasi, komunikasi, dan konstruksi,” kata Mirza. Dia
menambahkan, akibat pertumbuhan tinggi sektor yang berorientasi dalam negeri,
kecenderungan defisit neraca perdagangan akan semakin besar.
Menurut Tony,
belanja pemerintah yang lebih cepat dan besar juga cukup membantu pertumbuhan.
Seiring hal itu, inflasi yang terkendali di bawah 5 persen cukup membantu,
meski hal tersebut ada efeknya, yaitu subsidi energi terus membengkak yang
sebenarnya cenderung tidak sehat.
Jawaban
(1)
Teks eksposisi
mempunyai struktur
1. pernyataan
pendapat (tesis)
2. Argumentasi
3. Penegasan Ulang Pendapat
Teks eksposisi mempunyai karakteristik:
1. Penggunaan Pronomina
2. Konjungsi
3. Argumentasinya satu sisi
(2)
Teks
tersebut mempunyai struktur pernyataan pendapat dan memiliki karakteristik adanya
konjungsi untuk menghubungkan fakta-fakta, seperti “hal senada”, serta teks
tersebut merupakan pendapat satu sisi, yaitu yang mendukung.
(3)
Inti
ini berdasarkan pemahaman masing-masing siswa.
(4) Teks
eksposisi ialah sebuah teks yang dapat menceritakan/memaparkan
pendapat pribadi Anda, baik disertai dengan fakta atau ulasan fakta terhadap
suatu permasalahan yang bersifat mendukung atau menolak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar