Cari Blog Ini

Kamis, 24 April 2014

RPP 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan      : SMA
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/1
Materi Pokok              : Teks Eksposisi
Pertemuan ke              : 1
Alokasi waktu             : 2x45 menit

A.    Kompetensi Inti

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B.     Kompetensi Dasar

  1.  Memahami struktur dan kaidah teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan.
  2. Menginterpretasi makna teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan.
  3. Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan . 
  4. Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
  5.  Meringkas teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan.



C.    Indikator Pencapaian Kompetensi

  1. Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
  2. Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
  3. Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
  4.  Mengetahui isi teks eksposisi
  5.   Mengetahui tentang karakteristik dan ciri teks eksposisi.

D.    Tujuan Pembelajaran

  1.  Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
  2. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa memiliki dan menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsive, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menyusun teks eksposisi mengenai lingkungan sekitar.
  3. Setelah membaca contoh kalimat dan pembagiannya dan mendiskusikannya, siswa dapat memahami struktur dan karakteristik teks eksposisi  baik melalui lisan maupun tulisan.
  4. Setelah berdiskusi dan berlatih, siswa dapat menyusun teks eksposisi dengan karakteristik kteks eksposisi yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.

E.     Materi Pembelajaran

  1. Teks eksposisi
  2.   Struktur dan karakteristik teks eksposisi


F.     Alokasi Waktu
2x45 menit

G.    Metode Pembelajaran
Metode diskusi, kelompok, tanya-jawab, presentasi dan penugasan

H.    Media Pembelajaran
Lembar kerja dan kertas plano

I.       Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
(Pertemuan 1)
Deskripsi kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan








Kegiatan Inti




















































Penutup
1.       Melakukan doa secara bersama(bila pada jam pertama)
2.       Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.       Siswa menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

Mengamati
Guru memancing siswa dengan memperlihatkan contoh  teks eksposisi agar siswa mengetahui tentang teks eksposisi
· Siswa mengamati contoh teks eksposisi yang terdapat pada lembaran yang diberikan.
·  Siswa diarahkan untuk mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur isi teks eksposisi  (judul, klasifikasi umum, dan deskripsi)


Menanya
·  Siswa diberi kesempatan untuk mempertanyakan struktur isi teks eksposisi  (judul, klasifikasi umum, dan deskripsi) yang  telah dibaca dan diamati
·  Siswa diarahkan untuk membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks eksposisi
·  Siswa dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban terkait materi.

Mengeksplorasi
·  Siswa dibagi menjadi enam kelompok. Masing-masing kelompok mengamati dan membaca teks eksposisi “ Pertumbuhan Ekonomi Indonesia” dan diarahkan untuk menemukan ciri bahasa teks eksposisi (misalnya penggklasifikasian ciri, , penggunaan istilah, konjungsi, dan kalimat).

Mengasosiasi
·  Siswa mendiskusikan dan menyimpulkan  hasil temuan terkait dengan struktur isi teks eksposisi  (judul, klasifikasi umum, dan deskripsi) dan ciri bahasa teks eksposisi  (misalnya penggklasifikasian ciri, penggunaan istilah, konjungsi, dan kalimat)
·  Siswa mendiskusikan dan menyimpulkan makna kata, istilah, dan isi teks eksposisi dalam diskusi kelas dengan saling menghargai

Mengkomunikasikan
·  Dengan bertanggung jawab dan santun, siswa membacakan hasil diskusi tentang struktur isi teks eksposisi
·  Siswa mempresentasikan makna kata, istilah, dan isi teks eksposisi dengan rasa percaya diri
·  Guru meminta/mengarahkan kelompok lain untuk menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
·  Siswa diminta menyimpulkan tentang hasil diskusi teks eksposisi


·     Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
·    Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan dan menuliskan kesulitan-kesulitan dalam pencapaian kompetensi dasar.
· Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
·Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar siswa selalu belajar.
10 menit

















60 menit



















































20 menit



   J.Penilaian Hasil Belajar
1.        
      Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.       Prosedur penilaian:
1.       Penilaian Proses
      No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Proaktif
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

2.
Tanggung Jawab
3.
Jujur
4.
Disiplin
5.
Santun
 
2.       Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
Mengidentifikasi teks eksposisi
Tes tertulis
Isian
1.   Sebutkanlah struktur dan karakteristik teks eksposisi secara umum!
Mengidentifikasi cirri dan struktur teks eksposisi “Pertumbuhan Ekonomi Indonesia”
Test tertulis
Isian
2.   Identifikasilah teks eksposisi “Pertumbuhan Ekonomi Indonesia!
Memahami teks eksposisi “Pertumbuhan Ekonomi Indonesia”
Test tertulis
Isian
3.   Pahamilah teks eksposisi“Pertumbuhan Ekonomi Indonesia”, kemudian tuliskan inti dari teks tersebut!
Menjelaskan definisi  teks eksposisi
Test tertulis
Isian
4.    Jelaskan definisi teks eksposisi!


Pedoman Penskoran:
Soal no. 1
Aspek
skor
Siswa menjawab struktur dan karakteristik teks eksposisi

·         Jawaban benar
2
·         Jawaban kurang benar
1
Skor Maksimal
2

Soal no. 2
Aspek
skor
Siswa mengidentifikasilah teks eksposisi “Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

·         Jawaban benar
2
·         Jawaban kurang benar
1
Skor Maksimal
2

Soal no. 3
Aspek
skor
Siswa menuliskan inti dari teks eksposisi “Pertumbuhan Ekonomi Indonesia”

Jawaban benar
1
Skor maksimal
1

Soal no. 4
Aspek
skor
Siswa menjelaskan definisi teks eksposisi

Jawaban benar
1
Skor Maksimal
1

K.    Sumber Belajar
(isi sesuai daftar pustaka buku yang jadi referensi)




 
Lampiran:
Lembar Pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran            :..................................................................................................
Kelas/Semester            :....................................................................................................
Tahun Ajaran              :....................................................................................................
Waktu Pengamatan     : ..................................................................................................

Sikap yang diintegrasikan dan dikembangkan adalah perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.
Indikator perkembangan sikap perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.
1.      BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.      MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.      MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.      MK (membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.

Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
Nama siswa
Religius
Jujur
Tanggung jawab
santun
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.

















2.

















3.

















4.

















5.






































Contoh teks Eksposisi

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Di tengah kondisi dunia yang sedang krisis, pertumbuhan ekonomi Indonesia mencatat hasil positif. Pertumbuhan ekonomi triwulan kedua tahun ini mencapai 6,4 persen dibandingkan dengan periode sama tahun lalu. Konsentrasi pertumbuhan tetap terpusat di Pulau Jawa dengan angka 57,5 persen.Secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi Indonesia semester I-2012 lebih baik dibandingkan dengan semester I-2011 yang tumbuh sebesar 6,3 persen. Namun, menurut pengamat ekonomi Indonesia for Global Justice, Salamuddin Daeng, pertumbuhan ekonomi Indonesia tergolong anomali. Alasannya karena pertumbuhan ekonomi tidak diikuti peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Ada empat faktor, kata Daeng, yang membuat pertumbuhan ekonomi anomali. Pertama, ekonomi Indonesia digerakkan oleh utang luar negeri yang angkanya terus naik. ”Utang Indonesia terakumulasi mencapai Rp 2.870 triliun. Utang luar negeri bertambah setiap tahun. Utang selanjutnya menjadi sumber pendapatan utama pemerintah dan menjadi faktor pendorong pertumbuhan ekonomi,” paparnya. Kedua, pertumbuhan ekonomi didorong oleh peningkatan konsumsi masyarakat yang bersumber dari naiknya harga sandang dan pangan, serta ditopang dari pertumbuhan kredit khususnya kredit konsumsi.Faktor ketiga, pertumbuhan ekonomi didorong ekspor bahan mentah, seperti bahan tambang, migas, hasil perkebunan dan hutan, sehingga tidak banyak menciptakan nilai tambah dan lapangan pekerjaan. Terakhir, pertumbuhan ekonomi didorong oleh investasi luar negeri yang membuat sumber daya alam kian dikuasai asing. Pengamat ekonomi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, A Tony Prasetiantono menyatakan, sektor domestik mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. ”Transmisi krisis global melalui penurunan ekspor dan defisit neraca perdagangan baru akan terasa pada kuartal ketiga dan keempat tahun ini. Lagi pula, kontribusi ekspor terhadap PDB tidak besar,” kata Tony.
Hal senada disampaikan ekonom Mirza Adityaswara. “Sejumlah sektor ekonomi dalam negeri tumbuh karena didorong oleh suku bunga rendah yang tampak dari tumbuhnya kredit 26-28 persen (tahunan) sekaligus didorong oleh harga bahan bakar minyak (BBM) yang rendah karena masih disubsidi.Oleh karena hal tersebut, pertumbuhan tinggi dialami sektor yang berorientasi dalam negeri, seperti perdagangan, manufaktur, otomotif, transportasi, komunikasi, dan konstruksi,” kata Mirza. Dia menambahkan, akibat pertumbuhan tinggi sektor yang berorientasi dalam negeri, kecenderungan defisit neraca perdagangan akan semakin besar.
Menurut Tony, belanja pemerintah yang lebih cepat dan besar juga cukup membantu pertumbuhan. Seiring hal itu, inflasi yang terkendali di bawah 5 persen cukup membantu, meski hal tersebut ada efeknya, yaitu subsidi energi terus membengkak yang sebenarnya cenderung tidak sehat.
(dikutip dari website http://brainly.co.id/tugas/24977)





Jawaban
    (1)    Teks eksposisi mempunyai struktur
1.       pernyataan pendapat (tesis)
2.      Argumentasi
3.      Penegasan Ulang Pendapat
Teks eksposisi mempunyai karakteristik:
1.      Penggunaan Pronomina
2.      Konjungsi
3.      Argumentasinya satu sisi
    (2)    Teks tersebut mempunyai struktur pernyataan pendapat dan memiliki karakteristik adanya konjungsi untuk menghubungkan fakta-fakta, seperti “hal senada”, serta teks tersebut merupakan pendapat satu sisi, yaitu yang mendukung.
    (3)    Inti ini berdasarkan pemahaman masing-masing siswa.
   (4) Teks eksposisi ialah sebuah teks yang dapat menceritakan/memaparkan pendapat pribadi Anda, baik disertai dengan fakta atau ulasan fakta terhadap suatu permasalahan yang bersifat mendukung atau menolak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar